Obyek Wisata Kesongo di Desa Gabusan Kecamatan Jati

Administrator 04 November 2017 18:14:04 WIB

Gabusan, 04 Nopember 2017 - Kesongo merupakan tempat wisata yang terletak di area perhutani KPH Randublatung berada di sebelah utara Desa Gabusan kurang lebih 1,5 KM dari Dukuh Sucen Desa Gabusan.  Kesongo merupakan daerah legenda Joko Linglung yang sangat nakal kemudian beliau di usir oleh Ayahnya kemudian Joko Linglung pergi meninggalkan rumah dan bertemu denngan seorang Resi.

Sang Resi bersedia menerima Joko Linglung menjadi murid asal mau bertapa dengan mulut menganga dan tidak boleh makan kalau tidak ada makanan yang datang sendiri masuk ke dalam mulutnya.  Saat itu ada 10 orang pengembala di area tersebut karena hujan sangat deras maka ke 10 pengembala tersebut ingin berteduh namun satu dari pengembala tersebut memiliki penyakit kulit maka dia tidak diijinkan ikut berteduh. Namun tiba-tiba gua tersebut menutup dan ke 9 pengembala hilang di telan bumi.

Satu pengembala tadi menjuluki daerah tersebut dengan nama KESONGO yang mana daerah tersebut merupakan daerah yang setiap saat tertentu menyemburkan lumpur ke atas dan mengeluarkan belerang dan hasil semburan tersebut berbentuk seperti gugusan gunung merapi.  Dan tempat tersebut oleh masyarakat setempat dianggap sebagai tempat keramat dimana banyak orang-orang untuk datang hanya untuk melakukan ritual dengan tujuan agar apa yang mereka inginkan bisa tercapai. (Joe)

 

 

 

Komentar atas Obyek Wisata Kesongo di Desa Gabusan Kecamatan Jati

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Lokasi Gabusan

tampilkan dalam peta lebih besar